Kamis, 22 Desember 2011

Jambu Biji




Buah yang berasal dari brazil ini ternyata mempunyai manfaat besar bagi tubuh. Tidak hanya sepak bolanya yang terkenal, melainkan buah yang berasal dari negara sepak bola ini juga terkenal di seluruh dunia. Siapa yang tidak tahu tentang buah tersebut. Buah yang segar dan enak ini ternyata memiliki khasiat tersendiri dalam tubuh.

Buah yang mengandung vitamin c cukup besar tersebut memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Umumya buah ini digunakan sebagai obat trdisional dikalangan nenek moyang kita. Jus jambu biji “bangkok” juga dianggap berkasiat untuk membantu penyembuhan penderita demam berdarah dengue. Apa salahnya jika kita menggunakan obat tradisional kembali untuk kesehatan kita. Selain murah buah ini juga mudah di dapatkan di pekarangan rumah.
Selain itu masih ada manfaat lain yang bersumber dari buah ini. Buah jambu biji mengandung banyak vitamin dan serat, sehingga sangat cocok sekali dikonsumsi untuk menjaga kesehatan. Warna daging jambu biji yang merah mengidikasikan jambu biji kaya akan vitamin A untuk kesehatan mata dan antioksidan. Buah jambu biji sangat cocok sekali dikonsumsi di siang hari karena buahnya yang segar dan mendinginkan badan.
Dari hasil penelitian pula disebutkan jambu kelutuk khususnya yang berwarna merah mengandung vitamin A dalam jumlah yang tinggi yakni sekltar 3,1 mg/100 g dibandingkan dengan jambu klutuk yang berwarna putih. Vitamin lain yang terkandung adalah vitamin B-tiamina (B1), riboflavin (B2), asid nikotinik dan asid pantotenik.

Sedangkan manfaat obat-obatan yang terkandung dalam jambu kelutuk karena jenis tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri, asam ursolat, asam psidiolat, asam kratogolat, asam oleanolat, asam guaja vermin, kalsium oksalat dan beberapa vitamin, terutama A, B dan C serta mineral, Penelitian juga menemukan bahwa jambu kelutuk merah mengandungi fosforus, kalsium, besi, kalium, dan natrium.
Mengingat khasiatnya yang begitu besar, tak ada salahnya jika kita memanfaatkan lahan-lahan kosong yang ada untuk tanaman jambu biji ini. Apalagi, jambu kelutuk dapat tumbuh di dataran rendah seperti kawasan pantai sampai dataran tinggi dengan berketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar